Tips Sukses Usaha Ala Yusuf Kalla

Seorang pengusaha yang ingin sukses harus mempertimbangkan tiga unsur penting, yaitu lebih baik, murah, dan produksi cepat, menurut mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Berbicara pada "Business Gathering untuk Peluang Dig Ekonomi Islam dan Potensi Pengembangan 'dalam kerangka Rapat Pimpinan Pusat Nasional Ekonomi Muhammadiyah dan Kewirausahaan, Kalla mengatakan banyak pengusaha di negeri ini tidak dapat tumbuh dan berkembang cukup cepat karena mereka gagal menguasai tiga unsur penting.

"Pengusaha kita tidak dapat tumbuh dengan cepat karena mereka tidak menguasai atau mengindahkan tiga elemen penting," kata Kalla, dia sendiri adalah seorang pengusaha sukses dari Sulawesi Selatan.
Dia mengatakan bagi pengusaha untuk membuat kemajuan yang lebih baik, modal bukan masalah utama, karena bisa diperoleh dari bank pemerintah yang berlaku. Dari bank nasional, Kalla mengatakan baik pengusaha besar dan kecil bisa mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis mereka.
"Untuk mendapatkan modal, pengusaha tidak perlu mendirikan bank sendiri, karena akan lebih membebani mereka dengan biaya besar," kata Kalla.

Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 Mei 1942) sebagai anak ke-2 dari 17 bersaudara. dari pasangan Haji Kalla dan Athirah, pengusaha berdarah Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Bisnis keluarga Kalla tersebut meliputi beberapa kelompok perusahaan di berbagai bidang industri. Tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari sekedar bisnis ekspor-impor, meluas ke bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi. Di Makassar, Jusuf Kalla dikenal akrab disapa oleh masyarakat dengan panggilan Daeng Ucu.