Peluang Usaha Menjelang Idul Fitri (Lebaran)

Beragam pilihan yang bisa dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan hingga saat Idul Fitri. Mulai dari bisnis yang paling sederhana sampai yang membutuhkan modal besar. Berikut bisnis yang menguntungkan disaat menjelang  Idul Fitri (Lebaran):

1. Katering

Pelaku bisnis katering paling sering kebanjiran order disaat Hari Raya Idul fitri dan sesudahnya. Layanan katering harian paling digemari konsumen yang tidak ingin dipusingkan dengan kebutuhan perut mereka, karena banyak asisten rumah tangga yang ijin untuk pulang kampung. Selain itu kebutuhan katering untuk acara-acara silahturahmi keluarga sangat tinggi hingga dua minggu setelah lebaran.
Tetapi bisnis ini membutuhkan persiapan cukup matang dan benar-benar terencana, mengingat menjelang lebaran tiba sampai dua minggu ke depan banyak pekerja yang mengajukan ijin cuti untuk mudik. Disamping perlu juga menambahkan stok bahan mentah yang terkadang mulai langka pada hari-hari tersebut.

2. Parcel
Sekarang usaha parcel tidak hanya menawarkan bingkisan yang berisi makanan ringan dan minuman kaleng, tetapi hampir semua item yang bermanfaat untuk si penerima dapat dijadikan bingkisan lebaran. Produk lain yang bisa dikemas dalam bentuk parcel antara lain barang pecah belah, sembako, buku-buku, elektronik, boneka ataupun perlengkapan tempat tidur. Bisnis ini mengandalkan kreativitas dalam menata menyusun barang serta menentukan barang mana yang paling digemari oleh konsumen disamping faktor harga. Hal lain yang patut diperhatikan adalah kecepatan pengiriman parcel kepada calon penerima.

3. Kue Lebaran
Kue lebaran merupakan salahsatu bisnis musiman yang patut dipilih. Ragam kue jenis ini kebanyakan dalam bentuk kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, kastangel dan kacang goreng. Untuk urusan resep sudah tidak rahasia lagi, karena mudah ditemukan. Hanya saja pemilihan bahan baku yang turut menentukan rasa dan harga yang akan membedakan segmen pasar ini.
Gaya berjualan kue lebaran bisa dengan dititipkan di toko atau toserba dengan sistem tertentu, berjualan door-to-door dengan promosi mulut-ke-mulut, atau melalui pesanan terlebih dahulu.

4. Pakaian Anak
Kebutuhan pakaian setiap jelang lebaran cukup tinggi biasa konsumen membeli untuk anak-anak. Model terbaru merupakan kunci pilihan para orang tua. Namun dengan menawarkan diskon besar untuk pakaian tertentu bisa menjadi strategi penjualan yang patut dicoba.

5. Penitipan Hewan Peliharaan
Hari raya Idul Fitri berarti liburan panjang, tidak hanya mudik ke kampung halaman bahkan berlibur ke luar kota selama beberap hari. Bagi pemilik hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung dan lainnya sangat membutuhkan tempat untuk menitipkan hewan kesayangan mereka.

Selain itu beberapa bisnis lain yang juga dibutuhkan di saat  Idul Fitri (Lebaran) adalah
6. Sewa Kendaraan
7. Pengiriman Paket
8. Penjualan Tiket
9. Pengadaan Pembantu rumah tangga, Satpam dan Sopir