Peluang Usaha Aksesoris Wanita

Bisnis aksesoris wanita akan tetap menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan selama para wanita masih menyukai berbagai pernak-pernik aksesoris. Ada banyak jenis bisnis aksesoris wanita yang bisa menjadi pilihan. Kita bisa mengkhususkan bisnis kita ini hanya pada berbagai aksesoris rambut, atau hanya pada bros dan berbagai jenis penghias jilbab, atau kita bisa menggabungkan seluruh aksesoris sehingga semua jenis aksesoris ada di dalam bisnis yang kita jalankan ini.

Prospek bisnis ini sangat bagus karena bahan baku pembuatan aksesorisnya bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah dan proses mendapatkannya pun mudah. Ada banyak toko grosir bahan baku pernak-pernik ini yang bisa kita temukan, misalnya jika kita berada di Surabaya, maka Pasar Turi dan PGS adalah pusat grosir penjualan berbagai bahan baku kerajinan tangan. Jika kita berada di Jakarta, kita bisa berburu bahan baku pembuatan pernak-pernik ini di Mangga Dunia, atau pusat grosir terkenal lainnya yang ada di Jakarta.

Dengan harga bahan baku yang cukup murah dan mudah didapat itu, kita bisa memperoleh keuntungan yang cukup tinggi, sementara untuk sebuah aksesoris yang memiliki desain dan tingkat kerumitan yang tinggi bisa dijual dengan harga yang mahal.

Modal Yang Dibutuhkan
Karena harga bahan baku yang murah maka modal yang kita butuhkan dalam menjalankan usaha ini tidak terlalu besar. Bahkan dengan modal seadanya kita sudah bisa memulai bisnis ini dengan cara membuat berbagai jenis contoh aksesoris dan menawarkan contohnya terlebih dahulu kepada para pelanggan kita. Jika mereka memesannya, maka barulah kita membuatkan aksesoris pesanan mereka itu dalam jumlah yang banyak.

Cara Memulai Bisnis
  • Mengetahui terlebih dahulu berbagai pusat grosir bahan baku yang ada di kota kita atau yang dekat dengan rumah atau tempat usaha kita sehingga biaya transport bisa diminimalkan.
  • Jika hanya ingin menjadi reseller maka kita bisa langsung membeli berbagai jenis aksesoris wanita yang saat ini sedang digemari. Cara ini juga bisa digunakan sebagai langkah awal dalam mengumpulkan modal dari keuntungan penjualan sehingga ketika produk-produk aksesoris yang kita jual mulai laku di pasaran maka barulah kita membuat sendiri anek aksesoris tersebut.
  • Untuk dapat membuat aksesoris produksi sendiri maka kita harus memiliki kemampuan dan keahlian merangkai dan mendesain aksesoris. Memproduksi aksesoris sendiri akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih banyak jika kita hanya menjadi reseller.
  • Kita juga harus menentukan target penjualan kita, apakah ditujukan untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah, apakah aksesoris tersebut lebih dikhususkan untuk anak-anak, remaja, atau orang dewasa.
  • Memiliki kreativitas yang tinggi sehingga produk aksesoris yang kita buat berbeda dengan kebanyakan aksesoris yang sudah ada di pasaran.
  • Jangan lupa untuk menentukan sistem penjualan, lokasi usaha dan hal-hal lain yang akan mendukung perkembangan bisnis aksesoris kita ini.
  • Jalinlah hubungan yang baik dengan supplier bahan baku aksesoris sehingga kita bisa mendapatkan kemudahan dalam sistem pembayaran misalnya kita bisa melakukan pembelian bahan baku dengan sistem tempo atau kredit.
Hambatan Usaha
Hambatan yang mungkin terjadi di dalam menjalankan bisnis aksesoris ini adalah :
  • Banyaknya produk aksesoris yang sudah ada di pasaran sehingga kita harus menciptakan aksesoris yang benar-benar unik, menarik, cantik dan memiliki kualitas yang bagus.
  • Ketersediaan bahan baku biasanya akan berbeda setiap kali produksi sehingga jika ada bahan baku tertentu di mana bahan itu adalah bahan produk laku, sebaiknya belilah dalam jumlah yang lebih banyak sehingga kita tidak akan kehabisan bahan.
  • Banyaknya pesaing yang juga menjalankan bisnis aksesoris ini membuat kita harus lebih kreatif dalam memasarkan produk kita.
  • Manfaatkan berbagai event atau pameran produk kerajinan tangan dan ciptakan trade mark dari produk kita sehingga ketika ada investor yang akan bekerja sama dengan kita maka bisnis kita akan menjadi lebih cepat berkembang.
  • Cara lain untuk memiliki cara pemasaran yang berbeda adalah dengan memanfaatkan media online sehingga kita bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai kota dan berbagai daerah.
  • Pemanfaatan bahan baku unik seperti batu, permata kecil-kecil atau kristal juga bisa digunakan untuk penciptaan produk baru.
Analisa Bisnis
Investasi Awal
Jika kita menggunakan peralatan keterampilan yang sudah kita miliki, maka kita tidak membutuhkan investasi awal ini. Manfaatkanlah terlebih dahulu peralatan yang sudah kita miliki tersebut karena itu merupakan salah satu cara melakukan penghematan modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini. Penambahan bisa dilakukan setelah kita memperoleh keuntungan dari bisnis aksesoris yang kita jalankan ini.

Biaya Operasional
Bahan baku aksesoris
  • Berbagai bando polos             Rp.    250.000
  • Kawat, lem, benang                 Rp.    150.000
  • Pita, kain felt, jarum                Rp.    250.000
  • Peniti                                        Rp.      50.000
  • Bahan lainnya                            Rp.    200.000 +
Total Biaya Operasional                      Rp. 1.050.000

Laba Penjualan Per Bulan
•           Penjualan aksesoris
@Rp. 5.000 x 20 pcs x 30              Rp. 3.000.000
•           Biaya operasional                         Rp. 1.050.000  -
Total Laba Per Bulan                          Rp. 1.950.000

Catatan : Perhitungan diatas adalah contoh perhitungan saja. Silahkan  disesuaikan dengan kondisi dan lokasi dimana tempat usaha anda berada.

Demikian artikel Peluang Usaha Aksesoris Wanita ini, semoga bermanfaat..