Bisnis Cocok untuk Wanita

Wanita memiliki bakat, sifat disiplin, loyal, kerja keras, dan mampu mempengaruhi lingkungannya. Karakter ini bisa menjadi modal Wanita dalam berwirausaha.

Manfaat wirausaha usaha ini sangat luas, tidak sekadar menyokong penghasilan suami. Wanita bisa memberdayakan dirinya sendiri, menyalurkan hobi, bersosialisasi, bahkan mungkin, menemukan "me time"-nya.

Memang ada bidang-bidang tertentu tidak dapat dilakukan oleh Wanita, mengingat peran ganda yang harus mereka jalankan dalam kehidupan. Sebaliknya, ada bidang khusus yang bisa dilakukan oleh Wanita kapan saja.

"Wanita dengan sifatnya yang halus, lembut, dan indah, dapat saja berwirausaha di bidang creative industry," lanjut Ir Budi Susanto, ketua acara The 2nd Indonesia Internasional Conference on Innovation, Enterpreneurship & Small Business di Universitas Multimedia Nusantara.

Bidang fashion design, animasi, maupun memproduksi pernak-pernik rumah tangga yang berhubungan dengan keindahan rumah, dapat Anda lakukan. Sifat Wanita yang lebih teliti dan sabar melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketrampilan, juga mendukung mereka terjun di dalam industri kreatif ini.

Dalam hal fashion design saja, banyak sekali objek yang bisa Anda jadikan sasaran. Tidak hanya pakaian, tetapi juga sepatu, tas, dan aksesori lain. Jika menguasai program-program desain, Anda juga bisa membuka usaha di bidang desain. Entah itu mendesain kartu undangan, logo perusahaan, membuat packaging, dan lain sebagainya. Pendek kata, dari tiga bidang kreatif tadi saja Anda bisa menguraikannya menjadi berbagai usaha.

Berbeda dengan kaum pria, Wanita juga dapat memulai wirausaha kapan saja. Anda bisa memulainya sebelum berkeluarga, ataupun setelah buah hati beranjak dewasa. Tidak terdapat batasan umur bagi Anda untuk memulai usaha.

Meskipun demikian, Anda juga harus dapat membagi waktu Anda dengan keluarga. Dengan memulai usaha, bukan berarti Anda melalaikan peran Anda dalam keluarga, bukan?

Sumber : www.kompas.com